Monday, 22 November 2010

Tips Bekerja di Bidang Akunting dan Keuangan (Bagian I )

Dari informasi lowongan kerja Hampir tidak ada perusahaan, besar maupun kecil, yang tidak mempunyai divisi yang bertanggung jawab atas keuangan organisasi termasuk diantaranya membuat laporan keuangan. Laporan ini akan digunakan untuk menilai kesehatan dan perkembangan perusahaan serta sebagai bahan pertimbangan bagi stakeholder atau investor dalam mengambil berbagai keputusan yang melibatkan masa depan perusahaan. Laporan ini juga bisa mencerminkan kinerja kerja karyawan yang bertanggung jawab atas pengelolaan manajemen perusahaan tersebut.

Besarnya peran dan fungsi divisi keuangan membuat demand atau permintaan akan tenaga kerja di bidang ini terus meningkat. Di JobsDB.com sendiri ada sekitar ribuan lowongan di bidang akunting, perpajakan dan keuangan yang ditayangkan. Banyaknya permintaan juga membuat ilmu akuntansi dan keuangan banyak diminati calon mahasiswa dengan harapan bisa bekerja di bidang yang paling dibutuhkan perusahaan.

Berdasarkan data lowongan kerja yang tayang di JobsDB.com, beberapa posisi favorit bidang akunting yang paling sering dibutuhkan oleh perusahaan adalah :

1. Staff Akunting
2. Accounting Supervisor
3. Chief Accounting
4. Internal Auditor

Staff Akunting
Karyawan yang memegang posisi ini bertanggung jawab untuk menjalankan proses akunting, cash advance dan laporan pengeluaran yang semuanya akan diintegrasikan ke dalam laporan keuangan.
Dari info lowongan yang saya dapat tentang Kualifikasi yang harus dimiliki untuk menjadi seorang staf akunting :

1. Memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai (D3 / S1 Akuntansi)
2. Menguasai aplikasi komputer untuk akunting
3. Memiliki kemampuan analisa yang baik
4. Detail dan teliti.

No comments:

Post a Comment